KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Konsumen saat ini juga
sangat kritis dalam memilih suatu produk, keputusan untuk membeli suatu produk
sangat dipengaruhi oleh penilaian akan kualitas produk tersebut. Kualitas
produk merupakan suatu bentuk dengan nilai kepuasan yang kompleks. Kualitas
produk merupakan kemampuan sebuah produk jasa dalam memperagakan fungsinya,
yang termasuk dalam keseluruhan durabilitas, reliabilitas, ketepatan, kemudahan
pengoperasian dan reparasi produk dan atribut produk lainnya. Kualitas produk
merupakan karakteristik dari suatu produk dapat memuskan kebutuhan konsumen
atau dengan kata lain produk tersebut memberikan manfaat sesuia dengan apa yang
diinginkan oleh konsumen. Kualitas yang ditawarkan oleh produk bahan bangunan
semakin baik mengakibatkan makin tinggi pula citra merek produk bahan bangunan
di mata konsumen, sebab konsumen merasa produk tersebut sesuai dengan apa yang
dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.
Persaingan yang ketat
menyebabkan suatu perusahaan perlu melakukan usaha pelayanan terbaik kepada
konsumennya. Strategi distribusi menjadi salah satu pilihan yang berkembang
saat ini. Kualitas ditentukan oleh sekumpulan kegunaan dan fungsinya, termasuk
di dalamnya daya tahan, ketidaktergantungan pada produk lain atau komponen
lain, eksklusifitas, kenyamanan, wujud luar (warna, bentuk, pembungkusan, dan
sebagainya). Dengan kualitas yang bagus dan terpercaya, maka produk akan
senantiasa tertanam dibenak konsumen, karena konsumen bersedia membayar
sejumlah uang untuk membeli produk yang berkualitas.
Berbagai upaya dilakukan
perusahaan dalam rangka mempertahankan Citra Merek yang mereka miliki di
antaranya inovasi teknologi keunggulan yang dimiliki produk tersebut, penetapan
harga yang bersaing dan promosi yang tepat sasaran. Semakin baik Citra Merek
produk yang dijual maka akan berdampak pada keputusan pembelian oleh konsumen.
Keputusan pembelianmerupakan keputusan yang melibatkan persepsi terhadap kualitas
produk,kualitas layanan, dan citra merek. Konsumen tidak hanya menggunakan
harga sebagai indikator kualitas tetapi juga sebagai indikator biaya yang
dikorbankan untuk ditukar dengan produk atau manfaat produk.
Komentar
Posting Komentar